Top Ads

Pramuka Merupakan Jalan Tol Peningkatan kualitas & Penumbuhan Karakter Positif Peserta Didik

 Menelusuri Jalan Tol Peningkatan kualitas &

Penumbuhan Karakter Positif Peserta Didik

SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang Menggelar Kegiatan Persami.  Sesuai dengan namanya, Persami (Perkemahan Sabtu dan Minggu) kegiatan dipusatkan di Lapangan SMP Pembangunan Laboratorium UNP, dengan mendirikan tenda dan pada malam harinya menyalakan api unggun untuk menghadirkan suasana berkemah yang sebenarnya. Tujuan utama kegiatan ini adalah menciptakan generasi yang berkualitas dalam intelektual dan unggul dalam berkarakter.

Sebagai lembaga pendidikan, SMP Pembangunan Laboratorium UNP memiliki tanggung jawab untuk bisa menyiapkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter. berkualitas adalah generasi yang siap bersaing di era globalisasi. Lulusan yang mampu bersaing di era globalisasi yang semakin menggila ini adalah generasi yang berkualitas, memiliki kepribadian yang kuat, berintegritas, bertanggung jawab, berkarakter, serta mampu berkolaborasi.

Generasi yang berkualitas dan berkarakter adalah generasi yang mampu memahami dan mengimplementasikan enam indicator Profil Pelajar Pancasila; (1)Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan berakhlak mulia. (2)Berkebinekaan Global. Peserta didik yang mampu mempertahankan identitas, budaya luhur, juga bisa terbuka dengan budaya lain untuk budaya baru yang bersifat positif. (3)Bergotong Royong. adalah peserta didik yang mampu untuk melakukan aktivitas bersama-sama dengan suka rela, sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih ringan.(4) Mandiri, yaitu peserta didik yang mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya, memiliki pemahaman diri dan situasi yang dihadapi.(5)Bernalar Kritis. Bernalar kritis merupakan upaya mewujudkan peserta didik yang mampu secara objektif memproses informasi dengan baik. Merefleksi pemikiran dan proses berpikir dalam pengambilan keputusan. (6)Kreatif, adalah peserta didik yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal dan bermanfaat, punya arti, serta berdampak baik.

        Salah satu langkah untuk mewujudkan generasi yang berkualitas dan berkarakter adalah melalui gerakan pramuka(Praja Muda Karana). Gerakan pramuka merupakan Jalan Tol Peningkatan kualitas & Penumbuhan Karakter Positif bagi Peserta Didik. Gerakan Pramuka juga merupakan langkah ajaib dalam mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan dunia dengan berbagai fenomenanya.

Gerakan pramuka dengan dasa darmanya;Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Patriot yang sopan dan ksatria. Patuh dan suka bermusyawarah. Rela menolong dan tabah. Rajin, terampil dan gembira. Hemat, cermat dan bersahaja. Disiplin, berani dan setia. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.



Gerakan pramuka bergerak pada Pengembangan kepemimpinan. Kegiatan pramuka membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Mereka diberi kesempatan untuk memimpin kegiatan, mengambil inisiatif, dan belajar bekerja dalam tim. Di dalam gerakkan pramuka juga ditumbuhkan dan dibentuk karakter dan kemandirian.  Pramuka mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kemandirian, dan kerjasama. belajar bekerja sama, berkomunikasi, dan membangun hubungan yang sehat dengan teman-teman sebaya dan instruktur,  memahami nilai-nilai kepahlawanan, keberanian, dan kepatuhan pada kode etik yang berkaitan dengan menjadi anggota pramuka.

Melalui kegiatan di alam terbuka, siswa belajar menghadapi tantangan dan mengembangkan kepercayaan diri. Melatih generasi muda/peserta didik untuk  mampu mengembangkan keterampilan Praktis. Program pramuka sering kali melibatkan kegiatan praktis seperti memasak di alam terbuka, orienteering, teknik pertolongan pertama, dan keterampilan bertahan hidup, menghargai alam dan memahami pentingnya pelestarian lingkungan.  Ini semua merupakan jalan tol untuk mempersiapkan lulusan agar mampu mengembangkan keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.


Salam Pramuka!




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh RBFried. Diberdayakan oleh Blogger.