Program Religi
Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam wajib dipelajari bagi setiap muslim dan muslimat. Sebagai pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, Al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini kepada para generasi penerus.
Mengingat penanaman nilai-nilai
Al-Qur’an membutuhkan proses yang panjang, maka dibutuhkan program khusus
Al-Qur’an sebagai langkah penting untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an, membantu
menghafalnya dan mencitai Al-Qur’an dengan sepenuh hati.
Melihat kondisi perkembangan zaman
dan IPTEK saat ini yang terkadang tanpa disadari memberikan dampak yang sangat
besar terhadap pendidikan dan karakter siswa, yang paling menyedihkan
memberikan dampak yang negatif sehingga membuat siswa lalai terhadap pentingnya
mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar. Begitu banyak saat ini siswa yang
tidak lancar membaca Al-Qur’an dan mengalami kesulitan dalam menghafal
Al-Qur’an bahkan tidak memiliki kecintaan terhadap AL-Qur’an
Allah SWT berfirman dalam surat
Al-Waqi’ah ayat 77 - 80 yang menunjukkan kemuliaan Al-Qur’an :“Sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah bacaan
yang sangat mulia; pada kitab yang terpelihara (lauhul mahfuzh); tidak
menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan; diturunkan dari Rabbil
‘alamiin”. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW juga bersabda :“Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya ia
akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat “ (HR. Muslim)
Harapan kita, semoga dengan adanya
program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Pembangunan Laboratorium UNP memberikan warna
baru di dunia pendidikan saat ini dan mampu membina siswa yang bertaqwa,
cerdas, cinta Al-Qur’an dan berakhlak Mulia.
Padang,
2024
Guru
Tahfidz
OSTAVIA,
SIQ, S.Pd.I
A. LATAR BELAKANG
Program Religi yang diterapkan oleh SMP Pembangunan Lab. UNP Padang
juga merupakan lanjutan pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Kota Padang (Perwako) No. 33 tahun 2013 tentang Program
Pendidikan Hafidz Al-Qur’an yang dalam bab V pasa l6 dinyatakan bahwa setiap
satuan pendidikan pada semua jalur dan jenjang pendidikan wajib menyediakan
sarana dan prasarana pendidikan Hafidz al-Qur’an. Adapun program yang religi/
keagamaan yang diterapkan oleh smp
pembangunan lab. Unp yaitu:
1. Program Tahfidz
al-qur’an
Program Tahfidz al-Qur’an mendapatkan dukungan
penuh dari pihak sekolahdan orang tua sebagai kegiatan Ekstra Kurikuler Wajib.
Hal ini diwujudkan dengan dimasukkan tahfdz al-qur’an kedalam daftar mata
pelajaran wajib dengan kata lain seluruh siswa smp pembangunan lab. Wajib
mengikutinya kecuali non muslim. Untuk penilaian tahfidz raportnya di khususkan,
dengan kata lain tidak digabungkan ke rapor umum, sehingga bagi siswa yang
tidak mencapai target dalam satiap semester maka raport tahfizhnya belum
dibagikan begitu juga raport umum, sampai siswa tersebut menuntaskan target
hafalannya.
Dalam upaya pencapaian kualitas tahfidz yang
baik, siswa juga dibekali ilmu-ilmu tajwid dasar guna untuk menunjang hafalan
al-qur’an yang baik dan teraplikasi dalam hafalan al-Qur’an siswa
smp pembangunan lab. Unp padang.
2. ProgramReligi
pagi
Kegiatan religi setiap paginya tidak asing
lagi bagi siswa-siswi SMP Pembangunan Lab. UNP Padang, karna dengan adanya
kegiatan religi ini bisa menumbuhkan dan menambah keimanan dalam diri peserta
didik dan juga seluruh warga sekolah, adapun kegiatannya yaitu (shalat
sunnah dhuha, membaca asmaul husna, membaca al-qur’an bersama, one day one
ayat, membaca doa, di tutup dengan zikir dan shalawat).
3.
ProgramShalat zuhur berjamaah
Kegiatan shalat zuhur berjamaah selalu dilakukan oleh seluruh
siswa-siswi smp pembangunan lab. Unp. kegiatan
shalat dzuhur berjamaah ini wajib dilaksanakan di smp pembangunan
lab. Unp, sebagai sarana latihan untuk
menjalankan perintah Allah Swt, juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin,
baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib sekolah.Shalat dzuhur
berjamaah diikuti oleh seluruh siswa serta guru dan pegawai.Kegiatan shalat
dzuhur berjamaah ini dibimbing oleh guru dan diupayakan menjadi pembiasaan, supaya
mampu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik.Bahwasanya shalat berjamaah itu mempunyai
berbagai keutamaan diantaranya, mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan
dengan shalat sendirian dan juga shalat berjamaah ini dapat memperkokoh
persatuan dan kesatuan diantara kaum muslim dan membentuk akhlak yang mulia.
4.
Program Muhadharah
Kegiatan muhadharah adalah kegiatanmelatih mental siswa -
siswi smp pembangunan lab. Unp untuk berbicara di depan publik (public speaking). Muhadharah adalah latihan berpidato
yang rutin dilaksanakan setiap hari jum’at setelah shalat dhuha. Muhadharah merupakan salah satu bentuk aplikatif program kesiswaan
smp pembangunan lab. Unp yang cukup efektif untuk
melatih keberanian dan keterampilan siswa. Melalui bimbingan muhadharah ini,
siswa dilatih berani berbicara di depan orang banyak, Percaya diri
ketika tampil berbicara di depan umum, Terampil berkomunikasi di
depan orang banyak, Mempunyai bekal untuk menjadi pemimpin di masa
depan.
5.
Program Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa)
Mabit Secara
bahasa adalah mabit berarti bermalam. Dalam terminologi
dakwah dan tarbiyah, Mabit adalah adalah salah satu sarana tarbiyah untuk
membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik
untuk beribadah (shalat berjamaah setiap
waktu, shalat tahajjud, dzikir, mentadabburi al-qur’an dan tafakkur).
Mabit di smp pembangunan lab. unp dikemas dengan tujuan untuk mewujudkan
peserta didik yang moderat dan berakhlakul karimah baik di sekolah ataupun
dilingkungan kesehariannya, baik kepada yang lebih muda, sesama, terlebih
kepada yang lebih tua.
Tujuan
yang dicapai dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah terbentuknya peserta
didik yang berkakhlakul karimah, serta memiliki khazanah keilmuan agama yang
lebih luas terutama dalam membaca dan menghafal al-qur’an.
B. Landasan
Hukum
1.
SuratAdz-Dzariyatayat56tentangtujuandiciptakannyamanusia.
2.
SuratAl-Isra’ ayat 82 tentangal-Qur’an sebagai obat dan rahmat
Allah SWT
3.
Surat Al-Waqi’ah ayat 77-80 tentang al-Qur’an sebagai bacaan yang
paling mulia
4. Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor20 tahun 2003 tentangSistem
PendidikanNasional yangmerangkuptujuanpendidikan
5.
Peraturan Wali Kota Padang no.33 tahun 2013 tentang
ProgramPendidikanHafidzAl-Qur’an
6.
Program unggulan sekolah
7.
Visi dan misi SMP Pembangunan Laboratorium UNP
C. SASARAN
Sasaran program kegiatan
religi adalah seluruh siswa SMP Pembangunan Lab. UNP dari kelas VII Sampai kelas IX yang beragama
Islam.
D. Tujuan
Menumbuhkankesadaran
siswa SMP PembangunanLab. UNPPadang agarmembiasakan membaca, menghafal dan
memahami serta selalu dekat dengan Al-Qur’an. Harapan besar dari yayasan dan
sekolah SMP Pembangunan Lab. UNP agar siswa mampu memahamimateri
Tahfidzal-Qur’an,menghafalal-Qur’an,mengambilistinbath,i’tibardariisikandunganal-Qur’ansehinggadapatmengamalkandalam
kehidupansehari-haridalam upayamembentukpribadisiswayang Qur’ani.
E. TenagaPendidik/Pembimbing
Adapun tenaga pendidik/pembimbing
yang ditugaskan oleh SMP Pembangunan Lab. UNP adalah lulusan dari SekolahTinggi Agama Islam
Pengembangan Ilmu al-Qur’an(STAI-PIQ)SumateraBarat,yaitu:
1.
Ustadzah Oftavia,SIQ,S.Pd.I
2. UstadzEfendi,SIQ,S.Pd.I,MA
3. UstadzIbnuHajar,SIQ,S.Pd.I
4. Ustadz syahrul, Sh.I
Tidak ada komentar