Top Ads

Program Religi

 

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam wajib dipelajari bagi setiap muslim dan muslimat. Sebagai pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, Al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini kepada para generasi penerus.

Mengingat penanaman nilai-nilai Al-Qur’an membutuhkan proses yang panjang, maka dibutuhkan program khusus Al-Qur’an sebagai langkah penting untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an, membantu menghafalnya dan mencitai Al-Qur’an dengan sepenuh hati.

Melihat kondisi perkembangan zaman dan IPTEK saat ini yang terkadang tanpa disadari memberikan dampak yang sangat besar terhadap pendidikan dan karakter siswa, yang paling menyedihkan memberikan dampak yang negatif sehingga membuat siswa lalai terhadap pentingnya mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar. Begitu banyak saat ini siswa yang tidak lancar membaca Al-Qur’an dan mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an bahkan tidak memiliki kecintaan terhadap AL-Qur’an

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Waqi’ah ayat 77 - 80 yang menunjukkan kemuliaan Al-Qur’an :“Sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia; pada kitab yang terpelihara (lauhul mahfuzh); tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan; diturunkan dari Rabbil ‘alamiin”. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW juga bersabda :“Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat “ (HR. Muslim)

Harapan kita, semoga dengan adanya program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Pembangunan Laboratorium UNP memberikan warna baru di dunia pendidikan saat ini dan mampu membina siswa yang bertaqwa, cerdas, cinta Al-Qur’an dan berakhlak Mulia.

 

                                                                        Padang,           2024

                                                                        Guru Tahfidz

 

                                                                        OSTAVIA, SIQ, S.Pd.I

 


A.    LATAR BELAKANG

Program Religi yang diterapkan oleh SMP Pembangunan Lab. UNP Padang juga merupakan lanjutan pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Kota Padang  (Perwako) No. 33 tahun 2013 tentang Program Pendidikan Hafidz Al-Qur’an yang dalam bab V pasa l6 dinyatakan bahwa setiap satuan pendidikan pada semua jalur dan jenjang pendidikan wajib menyediakan sarana dan prasarana pendidikan Hafidz al-Qur’an. Adapun program yang religi/ keagamaan  yang diterapkan oleh smp pembangunan lab. Unp yaitu:


1.      Program Tahfidz al-qur’an

Program Tahfidz al-Qur’an mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolahdan orang tua sebagai kegiatan Ekstra Kurikuler Wajib. Hal ini diwujudkan dengan dimasukkan tahfdz al-qur’an kedalam daftar mata pelajaran wajib dengan kata lain seluruh siswa smp pembangunan lab. Wajib mengikutinya kecuali non muslim. Untuk penilaian tahfidz raportnya di khususkan, dengan kata lain tidak digabungkan ke rapor umum, sehingga bagi siswa yang tidak mencapai target dalam satiap semester maka raport tahfizhnya belum dibagikan begitu juga raport umum, sampai siswa tersebut menuntaskan target hafalannya.

Dalam upaya pencapaian kualitas tahfidz yang baik, siswa juga dibekali ilmu-ilmu tajwid dasar guna untuk menunjang hafalan al-qur’an yang baik dan teraplikasi dalam hafalan al-Qur’an siswa smp pembangunan lab. Unp padang.

2.      ProgramReligi pagi

Kegiatan religi setiap paginya tidak asing lagi bagi siswa-siswi SMP Pembangunan Lab. UNP Padang, karna dengan adanya kegiatan religi ini bisa menumbuhkan dan menambah keimanan dalam diri peserta didik dan juga seluruh warga sekolah, adapun kegiatannya yaitu (shalat sunnah dhuha, membaca asmaul husna, membaca al-qur’an bersama, one day one ayat, membaca doa, di tutup dengan zikir dan shalawat).

3.      ProgramShalat zuhur berjamaah

       Kegiatan shalat zuhur berjamaah selalu dilakukan oleh seluruh siswa-siswi smp pembangunan lab. Unp. kegiatan shalat dzuhur berjamaah ini wajib dilaksanakan di smp pembangunan lab. Unp, sebagai sarana latihan untuk menjalankan perintah Allah Swt, juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib sekolah.Shalat dzuhur berjamaah diikuti oleh seluruh siswa serta guru dan pegawai.Kegiatan shalat dzuhur berjamaah ini dibimbing oleh guru dan diupayakan menjadi pembiasaan, supaya mampu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik.Bahwasanya shalat berjamaah itu mempunyai berbagai keutamaan diantaranya, mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian dan juga shalat berjamaah ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kaum muslim dan membentuk akhlak yang mulia.

4.      Program Muhadharah

Kegiatan muhadharah adalah kegiatanmelatih mental siswa - siswi smp pembangunan lab. Unp untuk berbicara di depan publik (public speaking). Muhadharah adalah latihan berpidato yang rutin dilaksanakan setiap hari jum’at setelah shalat dhuha. Muhadharah merupakan salah satu bentuk aplikatif program kesiswaan smp pembangunan lab. Unp yang cukup efektif untuk melatih keberanian dan keterampilan siswa. Melalui bimbingan muhadharah ini, siswa dilatih berani berbicara di depan orang banyak, Percaya diri ketika tampil berbicara di depan umum, Terampil berkomunikasi di depan orang banyak, Mempunyai bekal untuk menjadi pemimpin di masa depan.

5.      Program Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa)

Mabit Secara bahasa adalah mabit berarti bermalam. Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, Mabit adalah adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah  (shalat berjamaah setiap waktu, shalat tahajjud, dzikir, mentadabburi al-qur’an  dan tafakkur).

Mabit di smp pembangunan lab. unp dikemas dengan tujuan untuk mewujudkan peserta didik yang moderat dan berakhlakul karimah baik di sekolah ataupun dilingkungan kesehariannya, baik kepada yang lebih muda, sesama, terlebih kepada yang lebih tua.

Tujuan yang dicapai dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah terbentuknya peserta didik yang berkakhlakul karimah, serta memiliki khazanah keilmuan agama yang lebih luas terutama dalam membaca dan menghafal al-qur’an.

B.     Landasan Hukum

1.      SuratAdz-Dzariyatayat56tentangtujuandiciptakannyamanusia.

2.      SuratAl-Isra’ ayat 82 tentangal-Qur’an sebagai obat dan rahmat Allah SWT

3.      Surat Al-Waqi’ah ayat 77-80 tentang al-Qur’an sebagai bacaan yang paling mulia

4.   Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor20 tahun 2003 tentangSistem PendidikanNasional yangmerangkuptujuanpendidikan

5.      Peraturan Wali Kota Padang no.33 tahun 2013 tentang ProgramPendidikanHafidzAl-Qur’an

6.      Program unggulan sekolah

7.      Visi dan misi SMP Pembangunan Laboratorium UNP

 

C.    SASARAN

Sasaran program kegiatan religi adalah seluruh siswa SMP Pembangunan Lab. UNP  dari kelas VII Sampai kelas IX yang beragama Islam.

 

D.    Tujuan

Menumbuhkankesadaran siswa SMP PembangunanLab. UNPPadang agarmembiasakan membaca, menghafal dan memahami serta selalu dekat dengan Al-Qur’an. Harapan besar dari yayasan dan sekolah SMP Pembangunan Lab. UNP agar siswa mampu memahamimateri Tahfidzal-Qur’an,menghafalal-Qur’an,mengambilistinbath,i’tibardariisikandunganal-Qur’ansehinggadapatmengamalkandalam kehidupansehari-haridalam upayamembentukpribadisiswayang Qur’ani.

 

E.     TenagaPendidik/Pembimbing

Adapun tenaga pendidik/pembimbing yang ditugaskan oleh SMP Pembangunan Lab. UNP adalah lulusan dari SekolahTinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu al-Qur’an(STAI-PIQ)SumateraBarat,yaitu:

1.      Ustadzah Oftavia,SIQ,S.Pd.I


2.      UstadzEfendi,SIQ,S.Pd.I,MA


3.      UstadzIbnuHajar,SIQ,S.Pd.I


4.      Ustadz syahrul, Sh.I



 F.     STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM RELIGI /KEAGAMAAN

  



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh RBFried. Diberdayakan oleh Blogger.