Top Ads

KOMPOSTER MEDIA BELAJAR JANGKA PANJANG

KOMPOSTER MEDIA BELAJAR JANGKA PANJANG

 

Dalam rangka mendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mendistribusikan sarana pengolah sampah (Komposter) ke SMP Pembangunan Laboratorium UNP.



Komposter adalah alat yang digunakan untuk membuat kompos dari sampah organik. Pembuatan kompos merupakan salah satu cara untuk menghancurkan sampah secara biologis menjadi pupuk alami, sehingga sampah dapat dikembalikan ke tanah

Komposter memiliki instalasi untuk sirkulasi udara di dalamnya sehingga dapat membantu mempercepat proses penguraian sampah. Untuk mempercepat pembuatan kompos, diperlukan bioaktivator seperti Effective Microorganisms 4 (EM4) yang berisi mikroorganisme yang menguntungkan bagi kesuburan tanah.

 

Pada kesempatan ini, Bapak Yopi dari dinas Lingkungan hidup Kota Padang berharap, manajemen sampah organik  di SMP Pembangunan Laboratorium UNP dapat terus terkelola dengan baik, sehingga dapat dijadikan rujukan bagi sekolah lain dalam hal pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomis.

Sebagai sekolah yang sudah mendapatkan sertifikat Adiwiyata Nasional, pendistribusian komposter ini tentu menjadi  motivasi bagi warga sekolah untuk terus meningkatkan kepedulian warganya dalam hal pengolahan sampah. mengolah sampah organik menjadi kompos bukan hanya dapat mengurangi sebagian besar sampah tapi juga dapat bernilai ekonomis.



Dalam kesempatan ini, Mailini T. selaku kepala Sekolah berharap agar pendistribusian Komposter ke Sekolah ini dapat dijadikan sebagai Media Pembelajaran jangka panjang bagi seluruh warga sekolah, terutama bagi peseta didik.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh RBFried. Diberdayakan oleh Blogger.